Berikut ini akan membahas tentang tutorial fotografi dasar, fotografi dasar merupakan yang dapat dijadikan sebagai pedoman untuk membantu para fotografer dalam meningkatkan keahlian fotografinya. Fotografi disini bukan hanya soal bagaimana anda menekan tombol shutter, tetapi fotografi juga tergolong dari seni yang rumit. Fotografi ini merupakan bagian dari hobi yang digabungkan dengan rasa dan inovasi karya yang selalu berkembang.

Untuk belajar fotografi sebaiknya step by step, jangan terlalu cepat melangkah ke tahap yang sulit. Ada beberapa pengetahuan dasar fotografi yang harus anda pelajari yaitu mengenal kamera, disini anda harus mengenal bagian – bagian penting kamera dan juga fitur serta kemampuan dari kamera anda. Selanjutnya cara menekan tombol shutter juga perlu diperhatikan karena tombol yang anda tekan untuk mengambil gambar. Mengenal eksposur, eksposur ini merupakan nyawa dari fotografi jadi diharapkan anda mempelajari apa saja yang berhubungan dengan eksposur ini. Mengenal genre fotografi, maksudnya seorang menyukai genre yang berbeda – beda., jadi anda tidak perlu bingun mau di genre yang mana yan terpenting itu pilihan berdasarkan kemampuan anda. Tentang lensa, sebagai seorang potografer anda haru menguasai tentang lensa kamera dari jenis- jenisnya, cara menggunakan fokus pada lensa, dan penjelasan kode pada lensa. Mengenal sudut pengambilan gambar (angle) anda harus memperhatikan sudut pengambilan gambar, ada beberpaa macam angle yang berlaku dalam fotografi seperti eye level, the bird’s – eye view, high angle, low angel, frog eye angle dan canted angel. Karena kalau kita bisa mencari ange yang bagu akan menghasilkan foto yang menarik. Fokus dan cara mengatur AF point atau titik area fokus dalam pengambilan gambar juga perlu diperhatikan. Dan selanjutnya tutorial fotografi dasar yang perlu diperhatikan adalah tentang Settingan kamera dan teknik dalam motret, ada beberapa settingan kamera yang perlu anda kuasai agar hasil yang didapatkan bagus dan menarik seperti, mengenal white balance (WB) dan cara penggunaanya, mengenal keseimbangan dan simetri, mengenal macam – macam jenis shooting pada drive mode, mengenal light meter dan fungsinya, dan mengenal rule of thirds atau aturan pertiga.

Konsep diatas memang tidak terlalu menjelaskan secara detail, tetapi setidaknya sudah kita sudah mengetahui tutorial fotografi dasar.  Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda yang ingin memepelajari tentang fotografi.