Kali ini admin akan membahas tentang tutorial fotografi model.  Teknik untuk foto model merupakan teknik yang semua fotografer harus dalami. Hal terpenting saat memotret model adalah ekspresi, gerakan tubuh atau gesture dan lain – lainnya seperti pencahayaan, background dan sebagainya. Karena meskipun seorang model yang memiliki penampilan yang menarik, wajah cantik dan seksi, jika gerakan tubuhnya kaku tidak bisa berpose akan menghasilkan foto yang kurang menarik.

Salah satu contoh untuk tutorial fotografi model harus menguasai atau paling tidak mengerti unsur – unsur dan teknisnya. Karena menrik atau tidaknya hasil dari foto tergantung pada teknis pengambilannya. Hal terpenting saat memotret model adalah ekspresi, dimana seorang model harus menciptakan ekspresi yang menyenangkan dan kendalikan suasananya. Disini tugas sorang fotografer adalah harus bisa mencairkan suasana agar ekspresi model yang didapatkan natural dan menarik. Selanjutnya pencahayaan, fotografi merupakan bagian dari permainan cahaya, pengambilan dari arah tepat akan menjadikan foto yang bagus dan menarik. Sumber pencahayaan yang terburuk adalah dari blitz / flash bawaan dari kamera yang arahnya tegak lurus dari kamera terhadap objek. Dan background, untuk latar belakang sebuah foto juga berpengaruh karena untuk memperindah foto yang dihasilkan. Penyesuaian dengan latar belakang harus menajdi pertimbangan yang penting dalam fotografi karena latar belakang juga bisa membuat hasi kurang menarik. Untuk itu jika latar belakang dianggap menggangu, maka dapat di kaburkan dengan settingan aperture lebar F number kecil. Jika tidak dapat dikaburkan alternatif lainnya dapat diambil lebih besar (close up) untuk menghilangkan bagian yang tidak diinginkan. Dan yang terakhir gestur atau gerakan tubuh, gerakan tubuh seorang model harus semenarik mungkin dan sealami mungkin. Untuk bagian tubuh yang kurang proporsional itu dianggap sebagai kelemahan, dan kurang disukai oleh orang yang melihat hasilnya. Maka perlu dieliminasi mengambil foto dari sudut yang dapat menutupi kelemahan model tersebut.

Itulah tutorial fotografi model, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh anda pada saat hendak memotret model. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk pembaca dan dapat membantu anda dalam proses pemotretan berikutnya.